Thursday, December 27, 2012

Conceptual skill seorang manajer

Akhir tahun ini adalah tantangan sendiri buat seorang manajer yang akan menutup buku perusahaan mereka dengan evaluasi dan rencana tahun 2013 sebagai persiapan untuk menuju kearah perbaikan kedepannya. 

Ada dua kegiatan penting yang harus dilakukan seorang manajer yaitu evaluasi akhir tahun 2012 yang pertama. Apa makna dari kegiatan ini?   

Evaluasi adalah salah satu fungsi daripada manajemen selain planning, organizing dan actuating yang selalu dijalankan oleh seorang manajer. dalam konteks evaluasi ini, seorang manajer membandingkan antara perencanaan dengan realisasi bisnis yang telah dicapai selama tahun 2012 ini.

Lain hanya dengan konsep perencanaan untuk tahun 2013, dimana seorang manajer harus mampu menganalisis kekuatan dan kelemahan perusahaan sebagai hasil dari analisis lingkungan internal serta peluang dan ancaman dari lingkungan eksternal sebagai hasil dari analisis terhadap lingkungan eksternal perusahaan.

Hal inilah yang menjadi acuan untuk membuat perencanaan bisnis ditahun 2013 yang akan dimasuki beberapa hari lagi.

Kedua kegiatan di atas membutuhkan keterampilan tersendiri dari seorang manajer yang disebut dengan conceptual skill, dimana seorang manajer harus mampu “berfikir” dan menganalisis kondisi perusahaan.

No comments:

Post a Comment