Wednesday, June 5, 2013

Standar kualitas

Pagi ini memberikan pelajaran berharga buat saya. Pelajaran tentang kualitas jasa. Penting, karena relevan dengan bisnis teman-teman. Tidak bisa diabaikan. Apa itu?

Standar kualitas jasa yang diberikan kepada konsumen. Mayoritas produk yang ditawarkan kepada konsumen, oleh teman-teman berupa jasa. Tapi tidak terbatas juga dalam bentuk barang. Tetapi, harus diingat.

Saat ini, produk yang diberikan kepada konsumen, sangat dipengaruhi oleh jasa, waktu penyampaiannya. Itu yang paling penting. Tidak bisa hanya barang semata. Diperlukan jasa. Kenapa?

Hal ini disebabkan perubahan lingkungan, salah satunya pesaing. Mereka sangat gencar membawa perubahan. Perubahan dalam hal edukasi pasar. Hmmmm... Contohnya semen holcim.

Apa yang harus dilakukan? Pertama, pahami need, want dan demand pasar. Mereka butuh jasa buat produk yang ditawarkan. Kedua, jasa yang diberikan harus lebih unggul dari pesaing. Tujuan nya mencapai competitive advantage.

Ketiga, pahami karakter jasa. Jasa itu intangible atau tidak tampak, tidak bisa diraba, tidak bisa disimpan dan waktu produksi dan konsumsi oleh konsumen bersamaan, itulah jasa.

Keempat, jasa sangat dipengaruhi oleh manusia dalam deliverynya. Oleh karena itu, knowledge, skill dan attitude karyawan sangat menentukan kualitas jasa tersebut. Setiap orang akan berbeda dalam kualitas ksa nya.

Kelima, perlunya membuat standar pelayanan dengan baik. Standar itu pasti relevan dengan tangible, empathy, responsiveness, reliability dan assurance. Itu kualitas jasa.

Kelima, komitmen seluruh manajemen dan karyawan pada layanan kepada konsumen, terakhir, ketujuh, mengevaluasi setiap layanan yang diberikan secara berkala.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat layanan yang memiliki standar.sukses buat kita hari ini
Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment