Saturday, June 29, 2013

Perlunya coach dan mentor

Kemaren, saya mendapatkan pelajaran yang sangat berharga. Pelajaran bagaimana mengembangkan bisnis. Bagaimana bisa bisnis bisa bertahan. Karena itu masalahnya, bisnis teman-teman tidak berkembang.

Kenapa demikian? Seiring dengan konsep yang selalu saya pegang. Bagaimana bisnis dilakukan berdasarkan pengetahuan. Pengetahuan apa?

Tentu pengetahuan tentang bisnis dan manajemen. Itu penting untuk dipahami. Lalu juga digunakan untuk menjalankan bisnis tersebut. Penting untuk dipahami.

Apa pelajaran dari kejadian kemaren? Pertama, pahami bahwa bisnis itu ada pengetahuannya. Atau ilmunya dalam menjalankan bisnis.

Kedua, pengetahuan tersebut adalah bisnis dan manajemen. Apa itu bisnis? Tentu bagaimana menjalankan serangkaian aktivitas, mengelola sumber daya dan menghasilkan produk untuk mencapai tujuan.

Ketiga, memahami 10 kompetensi seorang entrepreneur. 10 kompetensi itu penting untuk kesuksesan para entrepreneur.

Untuk menjalankan pengetahuan tersebut, perlu mendapatkan seorang coach dan mentor bagi bisnis mereka. Coach perlu untuk mengarahkan bisnis mereka. Adapun mentor untuk membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh para entrepreneur.

Coach dan mentor itu memiliki pengetahuan, keterampilan dan attitude yang tepat. Atau KSA yang tepat. Oleh karena itu, harus mendapatkan coach dan mentor yang tepat.

Lalu, coach dan mentor itu juga tidak harus hanya pada satu orang. Boleh lebih dari satu. Ada yang spesialis di manajemen stratejik, keuangan, pemasaran, operasi dan sdm. Itu penting bagi entrepreneur untuk meningkatkan pengetahuan mereka buat bisnis. Sukses ya...harus nya tadi pagi, tapi tulisannya hilang di bb ini. Maaf ya. Sukses buat kita
Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment