Monday, July 1, 2013

Dimanakah masalah bisnis kita?

Semalam, saya membaca satu buku yang menurut saya sangat menarik. Buku tentang manajemen. Buku yang sebenarnya sudah lama saya beli, tapi jarang dibaca. Malu-maluin ya.

Buku ini juga sebenarnya sudah biasa buat banyak orang. Halah... Buku manajemen dasar ini, kalau orang tahu bukunya. Tapi, dari buku inilah saya banyak mendapatkan nilai. Juga pelajaran kembali tentang manajemen.

Dalam buku itu memang dibahas manajemen. Apa saja? Planning, organizing, actuating dan controlling. Atau orang lebih suka bahasakan dengan POAC.

Saya membahasakan ini rasanya sudah seringkali. Akan tetapi, ada satu point utama semalam itu. Bahasa tentang dimana masalah bisnis kita berada. Jangan sampai salah analisis dan solusinya. Seperti dokter, jangan sampai mal praktek dalam memberikan solusi, ha2...

Apa pelajarannya? Pertama, pahami lagi makna manajemen. Manajemen itu secara sederhana bekerja dengan dan melalui orang lain. Tujuannya adalah untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Jelas sekali manajemen penting bagi bisnis karena bisnis berhubungan dengan orang.

Kedua, maknai lagi proses manajemen dengan baik. Ada proses yang saling berhubungan dalam manajemen. Itu penting dipahami kembali. POAC adalah proses yang saling berhubungan.

Ketiga, pahami masalah kita ada dimana. Menentukan masalah bisnis kita dimana adalah langkah penting bagi tahap selanjutnya. Dalam konteks decision making process, tahap ini adalah tahap pertama. Gagal ditahap ini, percuma keputusan akhirnya. Posisi itu bisa di planning, organizing, actuating, controlling.

Keempat, kalau masalah diplanning, bereskan perencanaan kita dulu. Hal ini menjadi penting. Perencanaan itu adalah hasil analisis terhadap lingkungan bisnis kita. Jelas, kalau salah disana, selesaikan perencanaan dulu.

Kelima, kalau masalah di organizing, selesaikan di organizing. Hal ini berhubungan dengan mengoranisasikan sumber daya atau resources perusahaan kita.

Keenam, kalau di actuating, selesaikan di actuating. Hal ini berhubungan dengan menjalankan manajemen. Relevansinya pada program, budget, sop, orang dalam menjalankan rencana.

Ketujuh, kalau di controlling, selesaikan dicontrolling. Tahap ini penting dan stratejik. Karena disinilah dianalisis gap antara harapan dan kenyataan.

Pembelajaran ini penting karena setiap tahapan memiliki treatmen yang berbeda. Seringkali kita malah tidak sadar dimana posisi masalah. Nah lho...hati-hati ya. Sukses buat kita hari ini. Bismillah...
Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment